Hasil LIGA CHAMPIONS

MU Raih Double Winner

Manchester United berhasil mengawinkan gelar juara Liga Premier yang mereka raih dengan menjuarai Liga Champions usai menang 6-5 atas sesama wakil Inggris Chelsea melalui drama adu penalti pada partai final di Stadion Luzhniki, Rabu (21/5).

Pertandingan ini sendiri terpaksa digelar hingga perpanjangan waktu karena hingga 120 menit kedua tim cuma mampu bermain imbang 1-1. Dan di masa adu penalti kiper Edwin van der Sar menjadi pahlawan dengan menepis tendangan Nicolas Anelka.

Bagi Chelsea kegagalan ini membuat mereka gagal mengukir sejarah dengan meraih gelar juara Liga Champions untuk kali pertama. Sedangkan bagi MU yang selama musim ini tidak pernah mengalami kekalahan di Liga Champions, gelar ini merupakan yang ketiga kalinya.

Kesuksesan MU ini juga membuat mereka meraih hadiah kurang lebih 80 juta pound, yang mana merupakan rekor terbesar sepanjang sejarah Liga Champions. Uang tersebut didapat dari hadiah gelar juara dan hak siar televisi.

Gelar juara ini semakin lengkap karena Cristiano Ronaldo akhirnya meraih gelar pencetak gol terbanyak Liga Champions dengan torehan delapan gol.

Baik MU maupun Chelsea mengawali laga dengan sedikit berhati-hati sembari mencoba membawa kekuatan lawannya terlebih dulu. Baru setelah pertandingan berjalan 20 menit kedua tim silih berganti melancarkan serangan.

Saat laga memasuki menit ke-27, MU mampu membuka keunggulan ketika umpan silang Wesley Brown dengan sempurna ditanduk Ronaldo yang menang duel udara dengan Michael Essien.

Gol Ronaldo ini membuat pertandingan berjalan menarik karena Chelsea langsung menekan pertahanan MU dengan dimotori Michael Ballack dan Frank Lampard.

Dan di menit ke-34, Chelsea memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan saat umpan sundulan Didier Drogba disambar Ballack dengan tandukan dari jarak dekat, sayangnya masih dapat ditepis kiper Van der Sar.

Keasyikan menyerang membuat pertahanan Chelsea lengah dan melalui serangan balik cepat di menit ke-34, MU hampir menggandakan skor andai kiper Petr Cech tidak tampil memukau guna menepis sundulan Carlos Tevez dan bola rebound dari Michael Carrick.

Dua menit sebelum turun minum, MU kembali memperoleh peluang emas ketika umpan silang Rooney gagal disambar Tevez di mulut gawang Cech.

Di penghujung babak pertama, Chelsea akhirnya mampu memaksakan skor imbang 1-1. Bola tendangan Essien yang membentur Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand membuat Van der Sar mati langkah dan dengan mudah disambar Lampard.

Pada babak kedua, baik MU dan Chelsea silih berganti melancarkan serangan, namun kedua tim agak kesulitan menciptakan peluang-peluang emas.

Lampard memiliki sebuah peluang untuk membawa Chelsea berbalik unggul, sayangnya tendangan keras yang dilepaskannya masih mengenai Vidic dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Sementara itu MU beberapa kali merepotkan lini belakang Chelsea yang dikawal John Terry melalui kerja sama Ronaldo, Rooney dan Tevez.

Peluang paling emas Chelsea di babak kedua hadir pada menit ke-78, akan tetapi tendangan pemain asal Pantai Gading ini dari luar kotak penalti cuma menerpa tiang gawang.

Tiga menit sebelum babak kedua berakhir, pelatih MU Sir Alex Ferguson memasukkan Ryan Giggs guna menggantikan Scholes yang mana membuatnya memecahkan rekor penampilan terbanyak sepanjang masa Red Devils atas nama Sir Bobby Charlton, yang kebetulan hadir langsung di stadion.

Skor imbang 1-1 ini bertahan hingga akhir pertandingan sehingga terpaksa dilanjutkan hingga perpanjangan waktu.

Di awal masa perpanjangan waktu, Chelsea kembali meraih peluang emas ketika kerja sama Ashley Cole dengan Ballack memudahkan Lampard melepaskan tendangan, sayangnya masih menerpa mistar.

Saat laga memasuki menit ke-100, giliran MU yang meraih peluang emas untuk kembali unggul ketika Patrice Evra melakukan solo-run, akan tetapi bola yang diteruskan Giggs masih mampu dihalau Terry meski Cech sudah mati langkah.

Chelsea harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-115 setelah wasit Lubos Michel menghadiahi kartu merah kepada Drogba akibat menampar Vidic saat terjadi suatu keributan kecil diantara pemain kedua tim.

Namun meski unggul jumlah pemain, MU tak mampu memanfaatkannya untuk mencetak gol kemenangan sehingga pertandingan terpaksa dilanjutkan hingga adu penalti.

Pada drama adu penalti, enam penendang MU yakni Tevez, Carrick, Owen Hargreaves, Anderson, Luis Nani dan Giggs sukses menjalankan tugasnya dan hanya Ronaldo saja yang gagal.

Sedangkan dikubu Chelsea Terry dan Anelka yang menjadi pesakitan. Sedangkan Juliano Belletti, Lampard, Ballack, Cole dan Salomon Kalou sukses mengeksekusi penalti.

Sumber : http://biangbola.com/berita/MU+Raih+Double+Winner/13871.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: